Gelapnya Pengukuhan Mantan Pegawai Kyoto Animation Menjadi Perbincangan Netizen

Translated English : Click



Nama Kyoto Animation tentu sudah menjadi sangat terkenal, baik di Jepang maupun di mancanegara. Bahkan mungkin tidak berlebihan jikalau saya menganggap semua otaku setidaknya pernah melihat karya studio ini satu kali seumur hidupnya. Mungkin. Anime-anime besar buatan KyoAni di antaranya adalah:


  1. Suzumiya Haruhi
  2. Lucky Star
  3. Full Metal Panic
  4. K-On!

dan masih banyak lagi.

Namun di balik kesuksesan tersebut, mungkin ada dongeng gelap. Karena lewat situs review perusahaan CareerConnection.jp, sebuah review jelek diberikan kepada KyoAni. Hanya 1,9 bintang dari 5 bintang maksimum. Penasaran dengan review ini, saya meminta tolong Etherlite yang bahasa bulannya jauh lebih hebat dari saya untuk menerjemahkan review sang mantan pegawai.

Review ini diberikan oleh seseorang yang mengaku pernah bekerja sebagai pegawai dari Kyoto Animation, alasannya beliau tidak menawarkan nama atau posisinya dalam review tersebut. Ditulis jikalau beliau bekerja pada tahun 2015, berusia di final 20-an dan mendapatkan honor 3,4 juta Yen per tahun, atau sekitar 280.000 Yen per bulannya.


“KyoAni didirikan oleh seorang perempuan (Yoko Hatta) dan dikatakan jikalau perusahaan ini menciptakan para perempuan lebih gampang untuk naik pangkat dibanding para pria. Para perempuan juga diberikan lebih banyak kesempatan kerja yang lebih penting, sedangkan para laki-laki diberikan pekerjaan di balik layar yang plaindan tidak mempunyai kesempatan untuk maju (jenjang karirnya). Tidak ada penilaian yang pantas juga menciptakan sistem promosi menjadi lebih sulit, di mana para laki-laki saja tidak mendapatkan kesempatan untuk menunjukan diri.

Di satu sisi, jikalau kau mendapatkan pekerjaan yang menonjol maka gampang bagi kau untuk mendapatkan promosi, namun pekerjaan-pekerjaan menyerupai itu biasanya malah ‘lari’ ke kerabat pendiri perusahaan. Hal ini juga yang menciptakan banyak laki-laki yang sudah usang bekerja di sini berhenti, rasio pekerja laki-laki dibanding perempuan yaitu 2:7.”

Tidak hanya diskriminasi menurut kelamin, tapi ternyata banyak juga duduk masalah di bab hak-hak karyawan menyerupai uang lembur dan jam kerja. Berikut ini merupakan pengukuhan dari seorang mantan pegawai di tahun 2015 yang berusia 22 tahun:

  • Jam kerja harian resmi yaitu 11 jam.
  • Bekerja 6 hari selama 1 minggu.
  • Waktu lembur 1 bulannya hingga 100 jam, namun yang dibayarkan hanya 70 jam saja.
  • Dalam sebulan hanya sanggup mengajukan libur 4 hari saja.
  • Di situs resmi tertulis Sabtu libur, tapi ada saja yang menciptakan kau harus kerja di hari Sabtu.
  • Tanggal merah jadi hari kerja biasa.
  • Animator luar (outsourcing/freelance) yang kerjanya cepat akan diberikan pekerjaan yang bertumpuk hingga kewalahan, balasannya mereka harus tiba ke studio untuk mengerjakan bab mereka.
  • Animator luar yang bekerja lambat pun mendapatkan nasib yang sama.
  • Yang tiba pagi-pagi sekali biasanya gres selesai bekerja di tengah malam, tapi masih sempat pulang dengan kereta terakhir.

Review pertama ditulis pada pertengahan tahun 2015, dan review pegawai wanitanya ditulis di bulan Desember 2015. Namun baru-baru ini netizen kembali mengangkat topik ini dan membicarakannya, berikut yaitu komentar mereka:

  • “Perusahaan hitam ya…“
  • “Siapa yang menulis di situs ini, sanggup diperiksa kredibilitasnya?”
  • “Ini topik yang sudah usang kan? Kukira kini bayaran KyoAni sudah lebih.”
  • “Semua orang sanggup menulis menyerupai ini, kayanya yang nulis anti KyoAni.“

Memang belum ada isu lebih lengkap mengenai siapa dan apakah review yang tertulis dalam situs tersebut benar atau tidak. Namun bila review tersebut tidak benar, saya rasa KyoAni niscaya sudah memintanya untuk dihapus, apalagi sudah hampir 2 tahun review tersebut ada di internet. Ada 6 orang yang mendukung dapat dipercaya review tersebut.

Semoga saja ketika ini pegawai di studio KyoAni sudah mendapatkan bayaran dan imbalan yang lebih pantas. Karena saya sangat menikmati beberapa karya KyoAni, salah satunya yaitu Hibike! Euphonium.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sin: Nanatsu No Taizai Bd (Episode 1 - 12 End) Subtitle Indonesia

Shokugeki No Souma S2: Ni No Sara (Episode 1 - 13 End) + Ova Sub Indo

Download Mod Bull Point Blank